Keputihan Berlendir Seperti Putih Telur Disertai Gatal Apakah Berbahaya

Perlu anda ketahui bahwa semua cairan putih yang keluar dari miss v selain dari darah menstruasi/haid maka itu disebut dengan keputihan. Adapun penyebab dari Keputihan itu bermacam-macam dan secara umum dapat dikategorikan menjadi keputiahan yang bersifat normal/fisiologis serta keputihan yang bersifat patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal secara alami, siklus ini biasa terjadi saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi.

Adapun keputihan patologis biasa dikategorikan sebagai keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri yang tumbuh subur di area miss v anda. Kemudian untuk cairan miss va normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih agak lengket namun tidak berbau dan jika menempel pada celana dalam anda warnanya akan Nampak kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormone bulanan anda. Dan tentunya tidak menimbulkan keluhan apa-apa.

Permasalah biasanya akan terjadi manakala cairan yang keluar dari miss v mulai mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), tentunya disetai dengan berbau amis yang tidak sedap, bahkan banyak diantaranya disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. Keputihan yang tidak normal ini perlu ditangani segera agar tidak menjadi bertambah parah, segera diobati karena dapat dikhawatirkan menyebabkan timbulnya penyebaran infeksi ke organ dalam lainya. Selama masa pengobatan sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai cara mengatasi keputihan dan mencegah keputihan yang tidak normal datang, antara lain:
  1. Gunakan celana dalam yang kering dan bersih serta sering-seringlah mengganti celana dalam apabila miss v anda terasa berkeringat atau lembab
  2. Hindari menggunakan celana yang ketat yang tidak menyerap air dan keringat
  3. Bila anda ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4 jam
  4. Hindari pemakaian produk pembersih miss v yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan 
  5. Jika hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.
Sebagai tindakan pencegahan untuk masalah yang timbul akibat Keputihan tidak abnormal ini maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pengobatan. Usahakan untuk menghentikan sementara dalam melakukan hubungan seksual karena keputihan dapat pula menyebabkan timbulnya infeksi menular seksual lainnya.

Jika cairan keputihan dari miss v yang keluar disertai rasa gatal maka kami sarankan Anda memeriksakan kondisi langsung ke dokter umum telebih dahulu atau spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Demikianlah artikel tentang keputihan seperti putih telur disertai rasa gatal semoga bermanfaat buat anda.


Komentar

Postingan Populer