Kutil Kelamin Tak Diobati, Ini Akibatnya


Gejala yang muncul sebaiknya segera ditangani dengan benar agar kutu kelamin tidak menimbulkan hal yang lebih buruk di masa depan. Beberapa kondisi yang mungkin muncul jika keadaan ini dibiarkan antara lain : 
  • Kanker
Pada perempuan, gejala kutil kelamin yang dibiarkan merajalela bisa berakibat buruk alias mengancam nyawa. HPV yang merupakan biang keladi munculnya gangguan ini juga memiliki kaitan erat dengan kanker serviks.

Kanker lain yang juga disebabkan oleh virus ini adalah kanker yang mendera vulva, anus, penis, mulut, dan tenggorokan. Meski tidak selamanya menyebabkan kanker, namun penting untuk memeriksa keberadaan virus ini di area kelamin. Oleh karena itu, perempuan sebaiknya melakukan tes Pap smear secara teratur, apalagi jika terindikasi terinfeksi jenis HPV berisiko tinggi.
  • Gangguan Kehamilan 
Meski jarang, kutil di area genital pada perempuan juga bisa menyebabkan masalah selama mereka menjalani masa hamil. Jika ukurannya membesar, kemungkinan pemiliknya akan mengalami kesulitan saat melakukan buang air kecil.

Ketika kutil ini berada di dinding vagina, maka hal tersebut mungkin menyebabkan kemampuan jaringan vagina untuk meregang saat persalinan akan berkurang. Kutil di daerah ini mungkin akan berdarah jika vagina diregangkan ketika hendak mengeluarkan bayi.
  • Bayi Baru Lahir Terkena Kutil 
Meski sangat jarang terjadi, bayi yang berasal dari ibu yang terinfeksi kutil kelamin mungkin akan memiliki gangguan serupa di bagian mulut dan tenggorokannya. Hal ini bisa berakibat fatal sebab dapat mengganggu pernapasan si Kecil. Untuk itu, operasi pengangkatan kutil di area tersebut mungkin diperlukan

Upaya Pencegahan Kutil Kelamin Mencegah bahaya kutil kelamin dapat dilakukan dengan cara menghindari hal yang dapat menyebabkan infeksi ini terjadi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah adalah:
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Berhubungan seksual hanya dengan satu orang
  • Menggunakan kondom saat berhubungan seksual
  • Menjaga kebersihan daerah kelamin
  • Tidak menggunakan pakaian yang lembab yang dapat membuat daerah kelamin menjadi rentan terhadap terinfeksiSelain melakukan pencegahan, Anda disarankan untuk melakukan pengobatan serta pemeriksaan terhadap penyakit ini.
UlasanJika terus dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan maka, pertumbuhan kutil kelamin akan bertambah banyak serta menyebabkan penderita penyakit ini mengalami depresi akibat pertumbuhan kutil secara berkelompok. Bahaya kutil kelamin juga akan berdampak pada penularan penyakit ini kepada pasangan saat berhubungan seksual.

Seseorang penderita penyakit kutil kelamin akan mengalami gangguan buang air besar serta rasa sakit yang sangat kuat dibagian kelamin jika pertumbuhan kutil terdapat pada liang vagina dan liang anus ini akibat bahaya kutil kelamin yang tidak diobati.

Bahaya kutil kelamin lainnya akan berdampak pada wanita yang menderita penyakit ini dan tidak segera melakukan pengobatan. Karena, wanita sangat rentan terhadap kanker serviks, mengingat bahwa penyebab utama dari kutil kelamin dan kanker serviks adalah HPV meskipun dengan tipe yang berbeda.

Komentar

Postingan Populer